-->

Apa sih bus Double Decker / Bus tingkat

Double Decker bus Sydney
Double Decker bus atau bis tingkat merupakan salah satu model bus dengan lantai bertingkat, dan yang paling terkenal untuk bus tingkat di Indonesia adalah werkudoro yang merupakan bus tingkat di Kota Solo Jawa tengah hasil buah karya Karoseri Trisakti model Phoenix. Kemudian yang terbaru adalah bus double decker dari PO Nusantara yang dibuat oleh karoseri milik mereka sendiri yaitu Karoseri Gemilang Nusantara  begitu juga kabarnya Pemprov Jakarta juga akan menghadirkan 5 unit bus tingkat sebagai sarana rekreasi keliling kota Tua di Jakarta.

Jika kita lihat Bus tingkat paling populer adalah di luar negeri terutama di negara Inggris yang terkenal dengan Lodon bus yang merupakan double decker pertama. Dan pembuat bus paling banyak membuat model bus tingkat adalah Neoplan dan juga ada karoseri asal Brazil Marcopolo yang juga memiliki model bus double decker.

Nah agar lebih jelas seperti apa model bus double decker berikut beberapa foto bus double decker:

1. Werkudoro bus SOLO
Mobil bus tingkat ini  dibuat oleh karoseri Trisakti dengan model Phoenix terdiri dari dua lantai atas dan bawah. Pada bagian atas tidak semua tertutup oleh kaca karena dibagian belakang masih ada yang terbuka yang tujuannnya agar lebih leluasa.
Bus tingkat Solo werkudoro
Bus Tingkat Solo

2. Bus Tingkat PemProv DKI Jakarta
Nah untuk bus tingkat pariwisata DKI Jakarta terdiri dua lantai dan lebih banyak kaca sehingga memang sangat cocok sebagai transportasi Tour tempat rekreasi. Dimana pada lantai atas juga tidak diberi atap agar pengunjung lebih leluasa dalam menikmati pemandangan di kota Tua, Jakarta.
Bus Tingkat Pemprov DKI Jakarta
Bus tingkat DKI Jakarta
3. Bus tingkat PO Nusantara
Nah jika yang satu ini merupakan bus tingkat paling fresh di Indonesia karena kemunculannya masih menjadi bahan pembicaraan penggemar bus di Indonesia.
Karena yang menarik bus tingkat ini berjalan di atas mesin dan chassis MAN R37 triple Axle dan juga dibuat oleh karoseri yang terhitung masih muda yaitu Karoseri Nusantara Gemilang.
Perbedaannya dibanding kedua bus tingkat yang adalah bus tingkat PO Nusantara mungkin bukan untuk bus keliling suatu daerah wisata tertentu karena bagian atap dan modelnya bisa diperuntukan untuk jarak tempuh yang lebih jauh meskipun tidak sejauh dan senyaman bus single decker jika dalam perjalan jauh.
Bus tingkat Nusantara MAN R37
Bus Tingkat PO Nusantara

Nah dari beberapa contoh diatas masih banyak bus double decker yang pernah beroperasi di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Makasar, Bandung dan lainnya.

Sejarah bus tingkat
Awal mula bus tingkat di kembangkan di Inggris terutama di kota London karena memang sangat cocok jika di gunakan didalam kota untuk mengangkut banyak orang sekali jalan jika dibandingkan bus single decker. kemudian setelanh Inggris disusul oleh beberapa negara seperti Sri langka, Hongkong, Singapura, Kanada, Jerman dan lainnya termasuk Indonesia.
Lodon bus
Lodon bus
Dan untuk bus tingkat sendiri ada yang sangat populer karena memang modelnya sudah modern yaitu buatan karoseri Marcopolo Brazil dan buatan Neoplan.
1. Neoplan Starline dan Neoplan Skyliner

bus tingkat Neoplan Skyliner
Bus tingkat Neoplan Skyliner

bus tingkat Neoplan Starliner
Bus tingkat Neoplan Starliner

Bus Tingkat Paradiso 1800 G7 Marcopolo
Bus Tingkat Paradiso 1800 G7 Marcopolo
Jika dilihat memang sangat menarik dan enak di pandang karena model bus tingkat memang garang karena tinggi besar tetapi perlu di ingat bahwasanya tingkat keamanan bus tingkat lebih rendah di bandingkan dengan bus single decker. Hal ini pernah terjadi di amerika dengan operator Megabus dimana driver lupa sedang mengendarai bus double decker yang sebelumnya terbiasa dengan single decker, terjadi kecelakaan bagian lantai atas menabrak jembatan yang rendah.

Kelebihan dan kekurang Bus tingkat (Double Decker)
Kelebihan
a. Dapat menangakut penumpang lebih banyak.
b. Jarak padang lebih leluasa (Lantai atas)
c. Pemakaian Jalan hemat dibanding bus Gandeng (artikulasi)
d. Cocok untuk daerah yang memiliki trayek angkutan deman tinggi.

Kekurangan
a. Tingkat keamanan rendah, tidak stabil karena titik berat berada di bagian atas (Center of gravity).
b. Tidak cocok digunakan untuk medan jalan berkelok dan tidak rata
c. Tidak semua jalan dapat dilalui karena keterbatasan  tinggi dan kelandaian jalan.
d. Penyandang cacat dengan kursi roda tidak dapat duduk di lantai atas.

Nah itu tadi sekilas mengenai bus tingkat (double decker) semoga bermanfaat.

Sumber: 
-Neoplan
-Marcopolo
-bismania.com
-wikipedia

LihatTutupKomentar