-->

Design Bus AXEION

Design Bus AXEIONDesain bus ini diberi nama “AXEION”. menurut designer nama “AXEION” diambil dari kata “AXE” yang berarti KAPAK. Pemberian nama ini bukan bermaksud untuk menyerang bus lain atau pun menghancurkan pengendara lain. Namun pemberian nama ini dimaksudkan supaya terkesan lebih garang, tahan dalam segala medan ataupun cuaca dan yang pasti siap bersaing dengan model-model bus lainya.
Dalam hal ini pembuatan desain AXEION mengutamakan desain yang simpel namun tetap memperhatikan kesan sporty. Bus model AXEION ini cocok digunakan sebagai armada pariwisata karena sudah mengadopsi konsep High Deck yang mana kursi penumpang lebih tinggi dari kursi supir, sehingga memberikan pandangan yang luas bagi para penumpang.
Teknik Pengerjaan Desain Bus AXEION :
1. Pembuatan Sketsa menggunakan Aplikasi CorelDraw X5.
2. Pembuatan Body 3D menggunakan Aplikasi ZModeler2.
3. Mapping Livery menggunakan Aplikasi Autodesk 3ds MAX 2013.
4. Rendering hasil menggunakan Aplikasi KeyShot.

Pada desain kali ini designer sengaja menggunakan model Livery dari PO.Subur Jaya karena designer merupakan salah satu penggemar bus Subur Jaya dan menurutnya desainya simpel dan menarik. OK, untuk lebih jelasnya mari kita lihat desainnya :

Design Bus AXEIONDesain dari AXEION ini menggunakan model selendang samping yang mengarah ke depan yang dimaksudkan supaya desain AXEION ini semakin maju untuk disukai pemilik bus ataupun penggemar bus dan tidak kalah bersaing dengan desain-desain bus lainya.
Penggunaan selendang ini juga bertujuan agar kontruksi bus semakin kuat. Selain itu terdapat tambahan deretan lampu LED pada selendang samping yang mungkin belum ada desain atau model bus yang menambahkan deretan Lampu LED pada selendang samping bus.

Design bus AxeionKita lanjut lagi pada bagian body samping yang kelihatan cukup menarik. Desain AXEION menambahkan striping body yang sejajar dengan kaca samping dibalut dengan lapisan chrome yang menjadikan kesan mewah. Warna dari tulisan AXEION sendiri berwarna hitam yang menghasilkan warna yang kontras antara striping dengan tulisan AXEION. Tidak hanya terletak di samping saja, melainkan pada bagian depan dan belakang juga.

Design bus Axeion sidePintu belakang masih tetap dipertahankan di bagian belakang karena toilet juga ada di bagian belakang. Hal ini dimaksudkan dengan alasan karena dalam bahasa Jawa kalau mau ke toilet bilangnya “Ten Wingkeng” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Di Belakang / Ke Belakang”. Hal itulah yang menjadikan desain dari AXEION ini masih mempertahankan toilet di bagian belakang. Meskipun saat ini sudah banyak model-model bus yang menggunakan konsep pintu dan toilet yang ada di tengah.

Design bus Axeion frontLanjut lagi ke bagian depan. Pada bagian depan menggunakan bentuk lampu yang terkesan garang diikuti dengan bentuk dari lampu fog lamp (lampu senja) yang selaras dengan head lamp. Pembuatan desain Head Lamp ini terinspirasi dari desain lampu Mascarello Roma 370. Lampu depan AXEION sudah menggunakan Lampu HID yang dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang dan menyebar. Tidak hanya itu, pada lampu depan AXEION ini menggunakan warna background Chrome dengan garis bagian tengah menggunakan deretan lampu LED yang memisahkan antara lampu dim dengan lampu HID, ditambah lagi dengan lampu sein yang sudah mengunakan lampu LED. 

Design bus Axeion rearPada bagian belakang terlihat lampu belakang menggunakan bentuk dasar yang terinspirasi salah satu Produk dari Karoseri Adi Putro yaitu lampu belakang New Marcopolo, tapi tidak mirip seutuhnya, hanya bentuk dasarnya saja. Pada lampu belakang ini sudah menggunakan lampu LED. Namun untuk lampu sein designer masih menggunakan lampu standar (Lampu Bohlam). Hal ini dengan maksud agar pada siang hari saat intensitas terik matahari sedang tinggi, nyala lampu sein tidak kalah dengan terik matahari, sehingga pengendara lainya dapat melihat tanda dari nyala lampu sein. Pada bagian belakang terdapat tambahan Stop lampu LED di bawah kaca belakang dan deretan lampu LED pada kap mesin yang menambah kesan mewah bus ini. Kesan sporty terlihat  dengan penggunaan 4 buah muffler yang dilapisi Chrome.

Berikut ini adalah gambar lain dari desain bus AXEION :

Design bus Axeion

Design bus Axeion

Design bus Axeion

Design bus Axeion

Design bus Axeion


NB: Itu tadi adalah hasil kiriman desain bus AXEION dari  saudara Lilik Bashori. Desain yang buat ini merupakan wujud dari hasil imajinasi designer akan kecintaan dan hobby pada dunia perbisan. Dan yang jelas ini hanyalah sebuah desain dan belum ada pada dunia nyata. Semoga desain yang dibuat ini dapat menginspirasi para desainer-desainer Indonesia untuk memacu kreatifitasnya dalam dunia perbisan di Indonesia. Agar dunia perbisan di Indonesia lebih maju dan transportasi bus di Indonesia menjadi semakin banyak diminati oleh masyarakat, tidak hanya sebagai alat transportasi, namun juga bisa sebagai hobby. Salam Bus Mania...  Mohon Kritik dan Saranya. :)
LihatTutupKomentar