Adblue Teknologi Ramah Lingkungan

Adblue technologyADBLUE merupakan salah satu solusi didunia otomotif untuk mengurangi tingkat polusi akibat gas buang dari kendaraan bermotor. Kita ketahui akibat dari polusi udara ini menyebabkan pemanasan global dan juga buruk bagi kesehatan manusia karena gas buang dari kendaraan bermotor mengandung zat berbahaya seperti karbon monoksida (CO), oksida sulfur (SOx) dan oksida nitrogen (Nox). Oleh karena itu banyak produsen kendaraan bermotor saat ini di tuntut untuk memperbaiki dengan membuat mesin - mesin ramah lingkungan, misalnya dengan menambahkan katalis konverter berteknologi SCR (Selective Catalytic Reduction) sebagai contoh bus kota buatan Mercedes benz terbaru CITARO yang sudah menyematkan teknologi ini. Dan ada juga ramah lingkungan yang lain adalah EGR (Engine Gas Recirculation) + DPF (Diesel Particulate Filter) semua teknologi tersebut biasanya paling banyak digunakan pada kendaraan berat semisal truck dan bus.Nah lalu bagai mana cara kerja Adblue?? mari kita bahas lebih dalam.
Adblue sebenarnya adalah larutan Urea yang semprotkan pada Gas buang di saluran pembuangan  (kenalpot) kendaraan. Jadi secara mekanisme terdapat sebuah tangki untuk penyimpanan larutan urea tersebut yang disemburkan dengan pompa di saluran gas buang sehingga terjadi reaksi kimia antara Urea (adblue) bercampur dengan Gas buang yang mengandung oksida nitrogen (Nox). Jadi pada dasarnya Adblue bertujuan menurukan Gas Nox (berbahaya) sehingga lebih ramah lingkungan karena hasil dari pencampuran ini adalah uap air (H2O) dan nitrogen biasa (N2). untuk lebih jelas liat skema gambar dibawah ini.

Cara kerja adblue pada mesin diesel

Keuntungan menggunakan Adblue
1. Standar emisi Euro 5 dapat dicapai
2. Perawatan mesin sama seperti mesin Euro 3
3. Dapat menggunakan bahan bakar solar mengandung Sulfur
4. Hemat bahan bakar hingg 5% (Engine V8)

Kekurangan menggunakna Adblue
1. Menambahkan Larutan Adblue
2. Menambahkan tangki larutan Adblue

Video Cara kerja Adblue pada kendaraan



Bluetch pada mesin MAN


Bluetch pada mesin Mercedes Benz

Nah itu tadi sedikit penjelasan mengenai teknologi adblue untuk mengurangi polusi bagi kendaraan, jika artikel ini bermanfaat silahkan berikan Google + dan bagikan melalui twitter dan facebook Agar lebih bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Kemasan Makanan
    Kemasan Makanan 21 November 2014 pukul 09.14

    Kabar Gembira, bagi kamu yang sedang mau menggunakan Kemasan Makanan dapat menggunakan Greenpack yang ramah lingkungan.

Add Comment
comment url