-->

Foto bus ScorpionX PO SAN - SCANIA K360 IB

Scorpion X PO SAN - SCANIA K360 IB
PO SAN sebagai salah satu perusahaan otobus yang saat ini sedang hangat dibicarakan penggemar bus Indonesia karena telah menambah Armada busnya dengan Chassis SCANIA K360 IB dengan body Karoseri Tentrem ScorpionX.
Mungkin ini baru pertama kali PO SAN menggunkan Chassis SCANIA, karena selama kami pernah berkunjung kesana kebanyakan Chassis yang digunakan adalah Golden Dragon atau Volvo dengan mesin Weichai dari China. Tidak heran jika PO SAN menyebut armada Bus nya " SANCHAI" yang artinya PO SAN bermesin Weichai. Satu hal yang menarik dari PO SAN adalah meskipun mereka mengerjakan body bus nya di Karoseri mereka tidak serta merta mengikuti apa yang menjadi produk standar karoseri.
PO SAN selalu meminta karoseri mengerjakan dengan kanstruksi versi PO SAN, jadi meskipun model sama dengan PO lain rancangan konstruksi PO SAN berbeda.
Kita ambil contoh yang terbaru ScorpionX PO SAN di bandingkan dengan ScorpionX PO Harapan Jaya. Secara general tidak ada yang berbeda, tapi coba teliti lebih dalam bahwa konstruksinya terdapat perbedaan dan cara paling mudah untuk melihat perbedaanya adalah pada sisi pintu darurat, semua armada bus PO SAN tanpa pintu darurat.

ScorpionX PO SAN Vs ScorpionX Harapan Jaya
ScorpionX PO SAN Vs ScorpionX Harapan Jaya
Pertanyaan, mengapa PO SAN membuat semua armada busnya tanpa pintu darurat ?

Jawabannya adalah "Kekuatan" dimana semua armada bus PO SAN melalui jalur sumatera yang kita tau jalannya tidak semulus pulau jawa. PO SAN beranggapan dengan adanya pintu darurat maka pilar-pilar horizontal lambung terputus, sedangkan pada sebelah kiri sejajar dengan dengan pintu darurat juga terdapat  pintu keluar. jadi kekuatan body bus hanya mengandalkan pipa pada roof dan juga pipa pada lantai saja. Jadi tidak heran jika pada roof bagian atas pintu darurat atau di atas pintu belakang kita sering melihat retak atau patah.
Oleh karena itu PO SAN selalu membuat armada bus nya tanpa pintu darurat sehingga kekuatan body bisa lebih baik. Meskipun secara konstruksi Chassis PO SAN juga memiliki racikan sendiri berbeda dengan PO lainnya untuk menjamin Armada busnya melalui medan yang terjal di Sumatera. Lihat juga Evonext Versi PO SAN juga terlihat lebih tinggi dan kokoh meskipun evonext PO SAN ini tidak di sebuh Evonext HD tetap saja lebih tinggi dari pada evonext standart.

Untuk Foto-foto bus PO SAN ScorpionX - Scania K360 IB : Cooming soon .. :)

Nah sedangkan dalam Peraturan Pemerintah NO 55 tahun 2012 disebutkan tentang syarat-syarat akses darurat. Ini yang sedang menjadi perbicangan, karena dalam aturan pemerintah memang tidak di sebutkan akses darurat harus berbentuk pintu. 

Jadi menurut Anda bagaimana,  "setuju" atau "tidak" bus tanpa pintu darurat  ?

LihatTutupKomentar