-->

IRIZAR BUS FACTORY | SPANYOL

IRIZAR BUS FACTORY | SPAYOL
Irizar merupakan perusahaan automanufacturer terbesar di Spanyol , bermarkas di  Ormaiztegi,  Basque Country, Spanyol. Irizar berdiri sejak tahun 1889 di Spanyol oleh José Antonio Irizar dan tersebar di beberapa negara seperti Skhirat (Morocco), Tianjin (China), Botucatu (Brazil), Querétaro (México), Centurion (South Africa) dan Tamil Nadu (India). Irizar dapat memproduksi sekitar 1000 bus pertahunnya dan secara global diseluruh dunia sekitar 3000 body bus per tahun.
Irizar mungkin memiliki hubungan kerja sama dengan Scania sehingga tidak jarang nama Irizar terpampang bersama Scania. Produk Coach pertama Irizar pada tahun 1927 dengan kapasitas penumpang 22 orang. Dari perusahaan kecil ini yang awalnya memproduksi peralatan besi untuk bahan kereta,  José Antonio Irizar tidak pernah menyangka sampai akhir hayatnya perusahaannya bisa menjadi perusahaan besar yang menjadi patokan dan trend dunia karoseri di seluruh dunia. Pada tahun 1963 irizar berubah menjadi perusahaan karoseri, dan pada tahun 1990 an irizar mulai berekspansi ke dunia internasional.

Produk-produk Irizar antara lain sebagai berikut:

1. Irizar PB
Irizar PB merupakan produk Irizar yang mungkin banyak ditemui di Indonesia, Irizar PB di disain oleh Arup Desain Penelitian di Inggris. Model Irizar PB banyak dijumpai bersama chasis Scania, tersedia dalam 13 kombinasi berbeda berbagai chassis, memiliki panjang kisaran 12 meter sampai 15 meter tersedia untuk 3 exle dan tinggi 3,5 meter sampai 3,7 meter.
Scania Irizar PB
Scania irizar PB Foto by: Commons wikimedia
Chassis yang biasanya dibangun di atas body irizar PB:
MAN 18.400HOCL
Scania K114EB
Scania K124EB
Iveco 397E.12 Eurorider E38
Volvo B12B
Mercedes-Benz O-500 RSD (in Brazil)

2. Irizar i4

Irizar i4
Irizar i4 foto by: commons wikimedia

Irizar i4
Irizar i4 foto by: commons wikimedia

3. Irizar i4 LE
Irizar i4 LE
Irizar i4 LE foto by flickr

4. Irizar i6

Irizar i6
Irizar i6 Foto by : flickr

5. Irizar Century

Irizar Century
Irizar Century Foto by Flickr

6. Irizar Intercentury
Irizar Intercentury
Irizar Intercentury foto by flickr

7. Irizar New Century
irizar new century
Irizar new century Foto by Aril cruz


Timeline Produk Irizar dari waktu ke waktu


Nah itu tadi beberapa bus dari Irizar yang mungkin banyak sekali model-modelnya di tiru oleh karoseri di indonesia contoh saja PO Nusantara dengan body Adiputro, menyusul Irizar buatan New Armada untuk PO Nusa Indah dan PO lainnya di indonesia. Karena tidak perlu di ragukan lagi produk - produk dari Irizar memang sangat sempurna.

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Irizar
http://www.flickr.com/
http://commons.wikimedia.org/wiki/Category:Irizar_buses
http://www.irizar.com/index.php
LihatTutupKomentar